Mana yang Lebih Baik, Makan Buah atau Nasi Dulu?

Ada berbagai pendapat terkait dengan "ritual" makan buah. Beberapa orang berpikir bahwa buahnya harus dimakan sebelum nasi atau sebaliknya, makan buah di "makanan penutup" setelah makan besar.

Menurut Profesor Ali Khomsan, guru besar Gizi Masyarakat di Institut Pertanian Bogor (IPB), saat waktu terbaik untuk makan buah tergantung berat badan.

"Buah atau sayuran penting dulu jika kita mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, jadi kita tidak serakah untuk makan karbohidrat dan lemak," kata Prof Ali kepada Kompas Gaya Hidup di acara jurnalis Goes To Campus di Fakultas Ekologi Manusia IPB, Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/08/2017).

Sementara untuk orang dengan berat badan normal dan tidak ada masalah berat badan, maka tidak ada aturan yang harus makan buah atau nasi di tempat pertama.

Prof.Ali ingat bahwa tubuh bisa mencerna sesuai makanan yang masuk ke tubuh. Bila karbohidrat di muka, maka akan dicerna terlebih dahulu oleh mulut. Sementara jika masuk protein, maka tidak akan dicerna di mulut, tapi di dalam tubuh.

"Jadi enzim tubuh kita ikut mencerna sesuai makanan yang masuk," katanya sehat itu aku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Meredakan Rasa Mual dan Ingin Muntah Saat Mudik

Manfaat Tak Terduga Dengan Rajin Mengkonsumsi Kopi Hijau